Acne Problem. Frustrated Young Lady Squeezing Pimple On Cheek Standing In Modern Bathroom At Home. Pimples Abscess Issue, Facial Health, Skincare And Hygiene. Free Space For Text

Perawatan Praktis Cara Pakai Skincare untuk Wajah Berjerawat

0 Shares
0
0
0

Beberapa tahun ini, kepopuleran korean skincare menciptakan daya tarik tersendiri pada kesehatan kulit wajah. Cara pakai skincare untuk wajah berjerawat misalnya, sekarang lebih banyak fokus mengusung bahan untuk memperbaiki kondisi kulit hingga lapisan terdalam.

Mungkin kamu sudah sering mendengar maupun melihat tampilan mulus kulit orang Korea, baik wanita atau juga pria. Hal tersebut tidak lepas dari urutan skincare rutin yang tidak singkat. Termasuk dalam penggunaan produk perawatan yang tidak sedikit.

Memahami Kondisi dan Tipe Kulit

Sebelum menemukan produk perawatan yang tepat dan benar-benar bisa mengatasi masalah kulit, kita perlu lebih dulu paham dengan kondisi dan tipe kulit wajah.

Kondisi dan tipe pada kulit bisa mengalami perubahan seiring waktu dengan faktor penyebab yang beragam. Mulai dari cuaca, hingga rutinitas sehari-hari.

Karena produk di pasaran sangat bermacam-macam, untuk memilihnya Kamu bisa pilih yang memang cocok. Cara pakai skincare untuk wajah berjerawat yang mana biasanya cocok pada tipe kulit acne prone, kombinasi, dan berminyak. Walau tentu tipe kulit kering juga bisa tumbuh jerawat.

Setiap tipe kulit dengan kondisi berbeda-beda membutuhkan perawatan tersendiri, apalagi sedang tumbuh jerawat. Namun pada praktik penggunaan produk skincare Korea, semuanya bisa fokus memperbaiki lapisan kulit dengan hidrasi atau hydrating.

Memilih pelembab untuk kulit berjerawat dalam menghidrasi bisa mengaplikasikan lebih dari satu macam. Terpenting dari komposisi cocok dan tidak memicu memperparah jerawat di kulit kamu. 

Cara Pakai Skincare untuk Wajah Berjerawat yang Benar

Tahapan pemakaian perawatan kulit bisa secara singkat, atau panjang sesuai keinginan dan kebutuhan. Pada pengaplikasian Korean skincare, terdapat 10 langkah. Kamu bisa menyingkatnya menjadi 7-8  saja, meliputi:

1. Bersihkan Wajah dengan 2 Langkah

Langkah paling dasar adalah membersihkan wajah dengan dua langkah. Skincare lokal untuk kulit sensitif dan berjerawat dalam produk pembersih kini sudah ada dua macam.

Pembersih yang pertama yaitu micellar water, cleansing balm, dan oil cleanser. Semuanya sama-sama bertugas membersihkan makeup.

Lalu ada produk pembersih kedua biasa berupa cleansing gel dan cleansing foam. Setelah membersihkan makeup, lanjut dengan cuci wajah menggunakan cleansing gel atau foam yang setelahnya cuci pakai air.

2. Gunakan Peeling Toner

Langkah kedua pada cara pakai skincare untuk wajah berjerawat bisa gunakan toner yang fokus untuk peeling. Peeling toner umum mengandung bahan aktif yang mampu exfoliating seperti AHA, BHA, dan PHA.

BACA JUGA:  Apakah Memakai Skincare Harus Pakai Sunscreen? Yuk, Simak Penjelasannya

Masing-masing bahan aktif tersebut berperan penting menghilangkan sel kulit mati. Bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan toner ini lebih disarankan hanya 1-2 kali saja dalam seminggu.

3. Aplikasi Hydrating Toner Berlapis

Selanjutnya rutin aplikasi toner untuk hidrasi kulit. Hydrating toner untuk kulit berjerawat bisa gunakan yang ringan dan cepat meresap kulit. Pada pengaplikasiannya bisa dan tanpa gunakan kapas.

Tips memilih toner yang baik: pilih toner yang tidak mengandung alkohol agar meminimalisir adanya reaksi sensitif pada kulit.

4. Serum dan Essence untuk Lapisan Terdalam

OHAIAHO Acne Care Serum

Tidak sedikit penyebab munculnya jerawat karena lapisan kulit yang kering. Keringnya lapisan kulit ini memicu produksi minyak alami yang berlebih.

Langkah keempat yaitu menggunakan serum atau essence yang berfungsi menghidrasi lapisan kulit, sekaligus mengatasi masalahnya.

Produk serum dan essence untuk lengkapi tahapan skincare bisa memilih yang memiliki tekstur ringan dengan kandungan tertentu. Beberapa contoh kandungan pada serum di antaranya niacinamide, salicylic acid, collagen, green tea, lactic acid, alpha arbutin, dan lainnya. 

Untuk kulit yang berjerawat, bisa menggunakan serum jerawat yang recommended yaitu OHAIAHO Acne Care Serum. Dan bagi yang belum tahu tentang serumnya, bisa baca review skincare untuk atasi masalah jerawat.

Serum jerawat OHAIAHO mengandung 6 bahan aktif yang bisa membantu atasi kulit berjerawat, meredakan kemerahan akibat peradangan jerawat, memberikan nutrisi kulit, menyejukkan dan melembapkan kulit. Dan tentunya bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

5. Gunakan Pelembab yang Sesuai Tipe Kulit

Setelah serum untuk jerawat baru masuk ke langkah pemakaian pelembab atau moisturizer. Hindari moisturizer dengan tekstur kental agar tidak berat bagi kulit. Pelembab ini bisa mengunci dan menjaga kelembaban di semua lapisan.

Produk moisturizer yang ada di pasaran biasanya terdiri dari tiga pilihan dengan menyesuaikan tipe kulit yaitu gel untuk kulit berminyak dan kombinasi, serta cream untuk kulit normal dan kering. Selain itu juga ada yang berupa moisturizer pagi dan malam. 

6. Eye Cream untuk Kurangi Keriput dan Mata

Berikutnya di cara pakai skincare untuk wajah berjerawat bisa disempurnakan dengan eye cream.

Walau tentu dalam pemakaiannya tidak langsung mengatasi masalah mata kamu atau kerutan di sekitar mata, tapi aplikasi eye cream bisa meminimalisir agar mata dan kerutan tidak semakin parah.

Tidak hanya itu, penggunaan eye cream sejak dini mulai dari usia 15 tahun bisa bantu menghindari kerutan di area mata akibat bertambahnya usia.

BACA JUGA:  Review OHAIAHO Acne Care Serum, Skincare Untuk Atasi Masalah Jerawat

7. Jangan Lupakan Sunscreen

Satu langkah yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah penggunaan tabir surya atau sunscreen.

Sunscreen untuk kulit berjerawat dengan fokus mengatasi kondisi kulit yang sedang break out atau purging memang cukup terbatas di pasaran, tapi kamu tetap bisa pakai produk sunscreen untuk kulit normal, berminyak, juga acne prone.

Banyak brand atau produsen yang sudah mengerti masalah kebanyakan masyarakat Indonesia yaitu kulit berjerawat dan kulit cenderung berminyak, sehingga dari segi formula sudah menyesuaikan. Begitupun dengan skincare untuk kulit berjerawat pria tidak jauh berbeda.

8. Pakai Exfoliating Tambahan

Meski sudah menggunakan exfoliator toner harian atau mingguan, Kamu bisa pakai exfoliator tambahan yang dipakai rutin bulanan seperti scrub.

Saat ini scrub terbuat dari bahan yang lebih natural dan ramah lingkungan, contohnya gula. Membuat scrub sendiri di rumah pun bisa menggunakan gula ditambah madu dan aloe gel.

Setelah pakai scrub dan mencuci wajah, kompres menggunakan toner untuk kulit berjerawat memakai kapas untuk mengembalikan kelembaban kulit dan soothing dalam menghindari iritasi.

9. Perawatan Tambahan

Skincare lainnya yang bisa jadi rutinitas untuk atasi masalah jerawat yaitu perawatan tambahan terdiri dari penggunaan masker. Jenis dan bahan pada komposisi produk masker sangat beraneka ragam. Ada yang berupa wash off, peeling mask, sampai sleeping mask. Kamu memang tidak harus rutin memakainya.

Hanya saja penggunaan masker bisa bantu menjaga kesehatan kulit. Sama seperti tubuh yang membutuhkan asupan tambahan. Karena masker-masker tersebut biasanya mengandung bahan yang lebih alami.

10. Perawatan Secara Profesional

Terakhir pada cara pakai skincare untuk wajah berjerawat adalah perawatan yang lebih profesional. Berbagai perawatan dari klinik kecantikan bisa bantu mengatasi masalah kulit lebih cepat dan menggunakan metode yang lebih praktis, serta kamulkan alat-alat canggih.

Mulai dari mengencangkan kulit, hilangkan flek hitam, mengurangi kerutan, sampai magnates jerawat lebih cepat seperti laser dan pemberian suntikan.

Dari sekian banyak cara dan langkah untuk mengatasi kulit berjerawat, tidak kalah penting ialah mengatur asupan dan rutinitas sehari-hari. Karena banyak makanan atau minuman dan kebiasaan yang terkadang tidak disadari bisa ganggu kestabilan hormon tubuh.

Wajib cara pakai skincare untuk wajah juga selalu memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan, termasuk perlengkapan yang setiap waktu digunakan seperti gadget, sprei kasur, handuk, dan lain-lain. 

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like