Efek Samping Masker Tepung Beras
Efek Samping Masker Tepung Beras

Efek Samping Masker Tepung Beras Dipakai Pada Wajah

0 Shares
0
0
0

Kamu pasti pernah mendengar masker tepung beras bukan? Ya, masker tepung beras memang salah satu alternatif mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk menggunakan masker. Tapi, rupanya masker tepung beras ada efek sampingnya, loh.

Lalu, kira-kira apa aja sih efek samping masker tepung beras pada wajah, penasaran? Lebih baik langsung baca penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Membuat Kulit Kusam

Efek samping masker tepung beras yang pertama adalah membuat kulit kusam. Ketika menggunakan masker tepung beras, kamu perlu memperhatikan kebersihan dan cara pemakaiannya. Sebab, jika tidak bersih dalam membersihkan sisa masker, maka bisa mmebuat wajahmu menjadi kusam, dan bukan malah mencerahkan.

Kulit kusam terjadi karena penumpukan sel kulit mati yang banyak setelah kamu menggunakan masker tepung beras. Oleh sebab itu, setelah menggunakan masker, sebaiknya cuci kembali wajah dengan sabun poembersih atau dengan cairan khusus pembersih wajah.

Cairan khusus pembersih wajah memiliki kandungan yang dapat membersihkan dan mencegah terjadinya kulit kusam pada wajah. Produk seperti ini bisa kamu temukan di minimarket terdekat dengan mudah.

2. Menghilangkan Kelembaban Alami

Efek samping masker dari tepung beras salah satunya adalah menghilangkan kelembaban alami kulit. Sebab, dalam tepung beras terdapat kandungan yang dapat menyerap minyak pada wajah. Sehingga, jika digunakan terlalu sering, bisa menyebabkan kulit kering dan kehilangan kelembaban alaminya.

Kamu tetap bisa menggunakan masker tepung beras, hanya saja frekuensi penggunaannya perlu diperhatikan. Misalnya, cukup satu sampai dua kali seminggu saja menggunakna masker tepung beras.

Tetapi, jika kamu sudah terlanjur memiliki kulit kering dan menggunakan masker tepung beras yang sering. Sebaiknya hentikan penggunaan masker dan tunggu selama beberapa hari sampai kulit wajah kamu memiliki minyak alami kembali untuk melembabkan kulit.

BACA JUGA:  Begini Urutan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Tepat

3. Kulit Lebih Sensitif

Pengaruh masker tepung beras lainnya adalah kulit menjadi lebih sensitif. Sebab, ini terjadi karena ketika menggunakan masker akan terangkat sel-sel kulit mati. Yang mana jika hal ini terjadi, lapisan kulit menjadi lebih tipis dan bisa menyebabkan lebih sensitif.

Apabila kulit kamu sudah sensitif, maka bisa menyebabkan berbagai masalah wajah seperti kemerahan, iritasi, atau berjerawat. Biasanya kulit sensitif juga rentan terhadap penggunaan produk-produk tertentu yang tidak cocok. Jadi, harus diperhatikan betul dalam penggunaan produk kosmetik atau skincare.

Penggunaan masker tepung beras harus diperhatikan jumlahnya dan frekuensi penggunaannya. Jangan terlalu sering menggunakan masker alami langsung dari tepung beras jika kamu sudah mengetahui bahwa tipe kulit wajah kamu adalah kulit sensitif.

4. Menyumbat Pori-Pori

Saat menggunakan masker tepung beras, kamu harus benar-benar memperhatikan penggunaannya. Apabila kamu memiliki pori-pori wajah yang besar, maka partikel masker bisa masuk ke dalam wajah dan menyumbat pori. Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan jerawat, atau masalah kulit lainnya seperti komedo.

Sebaiknya gunakan pembersih wajah yang dapat digunakan sesuai dengan jenis kulit kamu. Bersihkan dengan baik dan benar sampai benar-benar sudah tidak ada tepung beras yang tertinggal.

Sebab, jika masih terdapat tepung beras yang tertinggal maka bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, komedo, atau bahkan pori tersumbat. Perlu diketahui juga pakai skincare malah kusam.

Nah, sekarang kamu sudah tahu efek samping masker tepung beras untuk wajah. Setiap bahan alami memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing pada kulit, jadi kamu harus tetap memperhatikan penggunaannya.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like