Kesalahan Menggunakan Skincare
Kesalahan Menggunakan Skincare

Kesalahan Menggunakan Skincare

0 Shares
0
0
0

Skincare merupakan salah satu bagian penting dalam perawatan wajah. Menggunakan skincare secara teratur akan membantu membuat kulit terlihat sehat dan menawan. Namun kesalahan menggunakan skincare juga membawa akibat buruk pada kulit.

Apa saja kesalahan penggunaan skincare ini? Simak artikel berikut untuk lebih mengetahui apa saja kesalahan dalam penggunaan skincare.

Kesalahan Menggunakan Skincare

Kesalahan dalam tata cara memakai skincare ini terkadang tidak disadari. Namun kesalahan yang dilakukan dalam perawatan kulit ini bukanya membawa hasil yang bagus, namun malah membuat masalah pada kulit.

Berikut beberapa kesalahan menggunakan skincare yang sering dilakukan.

1. Berlebihan Menggunakan Pelembab

Sebagian orang mungkin berpikir mengoleskan pelembab yang banyak akan membantu membuat kulit lebih lembab. Sebenarnya menggunakan pelembab terlalu banyak belum tentu membawa hasil lebih baik. Banyak yang sering melakukan kesalahan pakai skincare dengan cara seperti ini.

Terlalu banyak menggunakan pelembab justru membuat kulit berminyak atau iritasi. Takaran normal penggunaan pelembab hanya seukuran koin. Takaran ini cukup untuk dioleskan merata ke seluruh bagian wajah dan leher.

2. Terlalu Sering Menggunakan Facial Wash

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa mencuci muka berkali-kali akan membuat wajah lebih bersih dari debu dan kotoran. Terutama dengan menggunakan sabun muka. Namun sebenarnya ini juga salah satu kesalahan menggunakan skincare.

Terlalu sering menggunakan facial wash justru akan membuat kulit jadi kering. Bagi yang sering menggunakan make-up dan yang memiliki kulit berminyak, disarankan cuci muka hanya 2 kali dalam sehari. Sedangkan pemilik kulit sensitif hanya perlu sekali dalam sehari.

3. Salah Aturan Layering Skincare

Tata cara memakai skin care itu penting, bukan asal pakai karena berpikir hasilnya akan sama saja. Aturan pemakaian layering dimulai dengan toner, serum dan pelembab. Jangan dibolak-balik saat pemakaiannya.

Dan yang terpenting memberikan jeda saat pengaplikasian. Cara ini dilakukan agar lebih meresap secara sempurna. Dengan mengikuti aturan yang benar, maka akan lebih mendapatkan manfaatnya.

4. Terlalu Sering Menggunakan Facial Scrub

Scrub memang memiliki fungsi bagus yakni membuat kulit lebih bersih dengan mengangkat sel kulit mati, serta membuat kulit lebih kencang. Namun terlalu sering menggunakan skincare scrub pada wajah justru akan membuat kulit tipis dan iritasi.

Scrub sebaiknya digunakan dua hingga tiga kali saja dalam seminggu. Untuk yang memiliki kulit kering dan sensitif disarankan tidak menggunakan skincare yang produk exfoliating. Untuk menghindari kesalahan menggunakan skincare, sebaiknya pilih produk sesuai jenis kulit.

BACA JUGA:  Waktu Terbaik Pakai Skincare Jam Berapa? Ternyata Ada Aturanya!

5. Menggunakan Sunblock Tanpa Pelembab

Menggunakan sunblock memang membawa banyak manfaat baik untuk kulit, terutama untuk negara tropis seperti Indonesia. Namun kebiasaan menggunakan sunblock tanpa pelembab juga kurang memberikan perlindungan maksimal.

6. Produk Tidak Sesuai Jenis Kulit

Ada sebagian orang yang mungkin membeli produk skincare karena rekomendasi orang lain, atau hanya karena mengikuti trend. Namun pakai skincare sebagus apapun jika tidak disesuaikan dengan jenis kulit, tentunya tidak akan memberikan hasil terbaik.

Demi mendapatkan hasil terbaik dari perawatan kulit, hindari kesalahan menggunakan skincare semacam ini. Pastikan mengetahui jenis kulit kamu disesuaikan produk dengan kebutuhan kulit.

7. Menggunakan Serum Tanpa Pelembab

Serum memang berfungsi sebagai perawatan kulit aktif, tetapi menggunakan serum saja tidak cukup untuk memberikan perawatan yang maksimal. Untuk bisa memberikan hasil terbaik lengkapi penggunaan serum dengan pelembab.

Moisturizer atau pelembab memiliki fungsi yang sangat penting dalam perawatan kulit. Pelembab juga akan lebih membantu dalam penyerapan skincare lain.

8. Menggunakan Produk Retinol dan AHA/BHA Bersamaan

Bagi yang punya masalah dengan kulit berjerawat mungkin ingin menyelesaikan problem jerawat sekaligus membuat kulit mulus dan kencang. Namun penggunaan retinol dan AHA/BHA tidak akan memberikan hasil yang diharapkan.

Retinol berfungsi untuk perangsang regenerasi sel kulit serta produksi kolagen. Dan AHA/BHA berfungsi untuk menghaluskan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati.

Mencampur kedua jenis perawatan kulit ini juga kesalahan pakai skincare. Cara ini bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit mengelupas.

9. Gonta-Ganti Moisturizer

Ada banyak pilihan produk bagus untuk perawatan kulit seperti moisturizer dan rekomendasi teman atau tawaran iklan seringkali mendorong untuk ikut mencoba produk yang ditawarkan. Namun, terlalu sering gonta-ganti skincare juga tidak bagus untuk kulit.

Terlalu sering mengganti produk skincare bisa menyebabkan masalah untuk kulit, seperti kusam dan berjerawat. Mengganti produk perawatan juga membuat kulit bekerja lebih keras karena harus beradaptasi berkali-kali dengan produk baru.

Urutan Penggunaan Skincare

Mengingat pentingnya menggunakan skincare dengan urutan yang benar, ada baiknya untuk memperhatikan urutan pemakaian skincare malam ataupun pagi. Simak apa saja urutan yang benar berikut ini:

  1. Facial Wash – Sabun pembersih wajah berfungsi untuk menghapus debu dan minyak yang menempel di wajah sewaktu tidur.
  2. Toner – Penyegar ini berguna sebagai pembersih sisa kotoran dan minyak yang belum terangkat oleh sabun wajah.
  3. Serum – Cairan aktif ini memiliki banyak fungsi sesuai dengan kebutuhan, bisa untuk melembabkan sampai menyamarkan kerutan.
  4. Eye Cream – Krim mata ini berguna untuk menghilangkan kantung mata atau juga menyamarkan kerutan. Krim mata bisa digunakan pagi dan malam, atau cukup di malam hari saja.
  5. Moisturizer – Pelembab merupakan bagian penting dalam skincare karena berguna untuk membantu penyerapan produk perawatan lainnya. Untuk perawatan malam bisa menambahkan urutan skincare malam dengan sheet mask.
  6. Sunscreen/Sunblock – Tabir surya ini bagian penting yang wajib dikenakan di pagi hari, apalagi bagi yang melakukan aktivitas di luar rumah.
BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Tips Memilih Skincare yang Aman

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kesalahan menggunakan skincare, ikuti tips berikut untuk memilih skincare yang aman.

Pastikan untuk selalu membeli produk skincare yang memiliki izin resmi dari BPOM. Dengan adanya izin resmi berarti produk ini sudah lulus uji kelayakan. Seperti produk serum jerawat terbaik dari OHAIAHO yang sudah terdaftar BPOM.

2. Ketahui Bahan yang Digunakan

Sebelum memutuskan pakai skincare, pastikan untuk membaca bahan-bahan yang digunakan. Pastikan tidak mengandung bahan-bahan yang tidak menyebabkan alergi atau iritasi. Hal ini penting terutama bagi pemilik kulit sensitif.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit

Inti dari perawatan kulit adalah memberikan apa yang paling dibutuhkan untuk memberikan tampilan kulit yang sehat dan menawan. Jadi pilih produk yang benar-benar dibutuhkan kulit. Ada baiknya mengetahui jenis kulit agar tidak terjadi kesalahan menggunakan skincare.

4. Jangan Tergiur Hasil Instant

Ada banyak produk skincare di luar sana yang menawarkan hasil instant. Pikirkan beribu kali sebelum tergiur dengan tawaran ini. Perawatan yang baik dilakukan dengan proses alami. Proses instant memang membawa hasil cepat, tetapi akan membahayakan kulit.

5. Pilih Produk dengan Kandungan SPF

Untuk iklim tropis seperti Indonesia, sunscreen atau sunblock mutlak diperlukan. Ingat bahaya sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit, penuaan dini, dan sunburn. Jadi sebaiknya pilih produk yang memberikan perlindungan kulit dari bahaya sinar matahari.

Jadi, kesalahan menggunakan skincare ini sebaiknya dihindari, apalagi yang gemar gonta-ganti produk hanya karena tergiur iklan. Sebaiknya, pilih produk yang dibutuhkan dan sesuai untuk kulit. Dan perlu ketahui juga waktu yang tepat pakai skincare.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like