Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berjerawat

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berjerawat agar Cepat Sembuh

0 Shares
0
0
0

Tips memilih skincare untuk kulit berjerawat bisa dibilang susah-susah gampang karena ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan. Kulit berjerawat membutuhkan perawatan yang lebih ekstra agar peradangan tidak bisa segera sembuh atau mereda.

Sekarang ini, banyak produk skincare dengan berbagai formula yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Salah pilih skincare bisa berdampak pada kondisi kulit yang makin bermasalah atau justru tidak memberikan manfaat apapun.

8 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berjerawat

Berikut adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan ketika memilih skincare untuk kulit yang berjerawat:

1. Perhatikan Formula Skincare

Ingredients - Formula Skincare

Tips memilih skincare untuk kulit berjerawat terbaik adalah memperhatikan formula di dalamnya. Setiap skincare memiliki formula yang berbeda-beda, tergantung pada fokus masalah yang ingin diselesaikan.

Pastikan skincare yang kamu pilih mengandung bahan untuk mencegah munculnya jerawat, memperbaiki tekstur kulit yang kasar, meredakan kemerahan, hingga menghilangkan bekas jerawat jika jerawat aktif sudah tidak ada.

Beberapa bahan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat adalah salicylic acid, tea tree, benzoyl peroxide, centella asitica, sulfur, neem, witch hazel dan retinol. Jika kamu ingin mengatasi masalah jerawat maka beberapa bahan tersebut wajib ada.

Kandungan skincare tersebut berfungsi untuk mencegah dan mengurangi timbulnya jerawat, menenangkan, menghidrasi, mencerahkan, melembapkan, menutrisi dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak maupun kasar karena kulit berjerawat. Salah satu formula skincare dengan formula yang baik yaitu serum penghilang jerawat dan bekas jerawat.

2. Pilih Facial Wash Tanpa Parfum dan Alkohol

Facial Wash

Tips kedua yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih facial wash tanpa parfum dan alkohol. Kulit berjerawat biasanya memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap beberapa bahan, termasuk parfum dan alkohol jadi hindari kedua bahan tersebut.

Bahan parfum dan alkohol pada facial wash dapat menyebabkan iritasi kulit dan kemerahan pada kulit berjerawat sehingga bisa memperparah kondisi kulitmu. Jadi, pastikan untuk memeriksa bahan yang terkandung agar tidak memilih dua bahan itu.

Facial wash yang memiliki busa banyak biasanya membuat kulit wajah terlalu kering atau ketarik setelah menggunakannya. Bagi remaja yang memiliki kulit berjerawat, hindari facial wash yang menghasilkan banyak busa, melainkan sedikit busa saja.

Sebelum menggunakan facial wash, pastikan untuk menggunakan micellar water terlebih dahulu sebagai tahap pertama cleanser dalam teknik double cleansing. Dengan begitu, kotoran yang menempel akan bersih secara sempurna.

3. Pilih Hydrating Toner

Hydrating Toner Wajah

Tips memilih skincare untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah memilih jenis hydrating toner. Kulit berjerawat biasanya memiliki pH kulit yang tidak seimbang, khususnya setelah cuci muka jadi akan lebih baik menggunakan hydrating toner.

BACA JUGA:  Begini Urutan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Tepat

Jenis toner ini berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga membantu melembapkan, memperbaiki tekstur kulit kasar dan menenangkan jerawat yang masih meradang secara efektif.

Pada dasarnya, toner berfungsi untuk membuka jalan pada kulit agar setiap formula skincare selanjutnya bisa terserap dengan baik. Pastikan untuk memilih hydrating toner yang tidak mengandung parfum dan alkohol agar tidak menyebabkan iritasi.

Penting untuk menyimak review produk hydrating toner agar kamu bisa tahu produk mana yang memiliki kualitas terbaik dan sesuai kebutuhan.

4. Pilih Pelembap Berbentuk Gel

Pemilihan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit juga sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi sekarang ini ada berbagai jenis pelembap yang bisa kita jumpai, termasuk pelembap berbentuk gel yang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Pelembap ini berfungsi untuk menutrisi dan melindungi kulit wajah agar tetap lembap dan sehat. Pelembap berbentuk gel dirasa lebih cocok untuk kulit berjerawat karena tekstur dan formulanya lebih ringan sehingga tidak memberatkan kulit wajah.

Pelembap berbentuk gel ini mampu menenangkan, melembapkan, mengontrol minyak dan mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori penyebab jerawat. Hindari produk pelembap yang mengandung alkohol, parfum atau bahan comedogenic.

5. Gunakan Skincare dengan Bahan Non Comedogenic

Sebelumnya mungkin kita sudah membahas tentang produk skincare berbahan non-comedogenic karena memang kulit wajah berjerawat harus menghindari bahan ini karena bisa menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Itulah mengapa sebagian besar produk skincare khusus untuk kulit berjerawat biasanya memiliki tanda non-comedogenic. Pastikan semua produk skincare yang kamu pilih tidak mengandung bahan comedogenic karena bisa memperparah jerawat.

Bukan hanya kulit berjerawat, kulit berminyak dan pori besar juga harus menghindari skincare berlabel comedogenic karena pori pori tersumbat bisa menyebabkan jerawat makin banyak.

Produk skincare non comedogenic biasanya memiliki tekstur dan formula yang lebih ringan karena kulit berjerawat tidak membutuhkan berbagai macam bahan, melainkan cukup membutuhkan bahan yang menenangkan jerawat dan bruntusan.

6. Hindari Skincare yang Mengandung Scrub

Tips memilih skincare untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah menghindari bahan scrub, khususnya untuk scrub kasar. Setap harinya, kulit menghasilkan lapisan sel kulit mati yang akan membuat kulit wajah kusam dan terlihat kurang terawat.

Wajah kusam biasanya menjadi salah satu masalah lain yang dialami kulit berjerawat karena memang kamu harus menyelesaikan masalah kulit satu per satu. Tidak perlu menggunakan skincare mengandung scrub kasar untuk menghilangkan kulit mati.

BACA JUGA:  Waktu Terbaik Pakai Skincare Jam Berapa? Ternyata Ada Aturanya!

Jika wajah kusam terlalu mengganggu, kamu bisa menggunakan facial wash atau masker yang mengandung scrub paling halus agar tidak menimbulkan iritasi. Selain itu, jangan gosok-gosok wajah terlalu kencang karena kulit wajah sedang sensitif.

Produk skincare yang mengandung scrub kasar adalah produk yang harus dihindari. Apalagi dengan teknik penggunaan yang kurang tepat bisa memperparah kondisi kulit wajah yang berjerawat. 

7. Tetap Gunakan Sun Protection

Sun Protector

Tips memilih skincare untuk kulit beruntusan, kulit kering atau kulit berminyak adalah tetap menggunakan sun protection. Kulit wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari membuat jerawat makin meradang atau parah.

Itulah mengapa kulit wajah membutuhkan perlindungan dari bahaya sinar matahari, khususnya untuk kulit berjerawat. Pastikan kamu selalu menggunakan sun protection, mulai dari pukul 09.00-10.00 dan re-apply setiap 3 sampai 4 jam sekali. Perhatikan juga waktu terbaik pakai skincare dan cara pakai skincare untuk wajah berjerawat.

Sun protection harus tetap digunakan meski kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan karena skincare ini bisa melindungi kulit dari radiasi gadget. Pilih produk sun protection yang mengandung paling tidak SPF 30 atau lebih, tergantung kebutuhan.

Kalau kamu lebih banyak beraktivitasi di luar ruangan, butuh banget yang namanya sun protection. Apalagi kalau kamu suka traveling atau travel blogger yang suka menjelajah banyak tempat sangat dibutuhkan, biar kulitmu tetap terjaga.  

8. Lengkapi Skincare dengan Sheet Mask

Tips memilih skincare untuk wajah berjerawat adalah melengkapinya dengan sheet mask. Sheet mask dibutuhkan kulit berjerawat untuk membantu menenangkan, melembapkan, mencerahkan hingga menutrisi kulit berjerawat.

Meskipun sebagai pelengkap, keberadaan sheet mask, baik mahal hingga murah ini sangat membantu memberikan kelembapan secara alami pada kulit, memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata dan kasar hingga memudarkan bekas jerawat.

Walau manfaat yang diberikan sheet mask cukup banyak, tapi kamu tidak perlu menggunakan setiap hari. Cukup gunakan 1 sampai 2 kali seminggu setelah kulit wajah dibersihkan dan gunakan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berjerawat, perhatikan beberapa tips memilih skincare untuk kulit berjerawat di atas. Dengan begitu, skincare dapat mengurangi peradangan jerawat sekaligus memberikan nutrisi lengkap untuk kulit wajahmu.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like