Begini Urutan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Tepat

0 Shares
0
0
0

Memiliki tampilan kulit wajah bersih dan sehat jadi impian banyak orang, khususnya para wanita. Penerapan urutan skincare untuk kulit berjerawat dengan produk yang sesuai kondisi dan tipe kulit merupakan hal paling penting.

Bukan hanya produk-produk dari luar negeri seperti Korea dan Amerika, kini banyak sekali produk skincare lokal yang berkualitas baik dan mendukung perawatan kulit lebih optimal. Beberapa di antaranya semakin beragam produk pelengkap seperti eye cream, acne spot, dan exfoliator.

Urutan Skincare untuk Kulit Berjerawat atau Acne Prone

Bila kamu baru pertama mengenal perawatan kulit, ada urutan dasar untuk bantu atasi masalah jerawat dan cocok pemilik kulit dengan tipe acne prone, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Urutan pertama adalah membersihkan wajah dua kali sehari. Jika perlu, terapkan two steps atau dua langkah membersihkan wajah. Utamanya saat malam hari sebelum tidur (setelah beraktivitas).

Dua langkah tersebut terdiri dari membersihkan makeup dengan makeup remover yang berupa micellar water, oil cleanser, cleansing balm, dan jenis lainnya. Barulah lanjut membersihkan wajah dengan sabun.

2. Kembalikan pH Kulit dengan Toner

Urutan kedua, pakai toner untuk mengembalikan pH atau tingkat keasaman kulit. Toner juga berfungsi dalam memaksimalkan pembersihan pada wajah dan memberi kelembaban pertama. Ada dua jenis toner yaitu exfoliating atau peeling toner dan hydrating toner.

3. Gunakan Serum Anti Jerawat

Setelah kamu membersihkan wajah dan pakai toner, saatnya gunakan serum khusus jerawat. Serum anti jerawat ini penyerapannya sangat baik ke dalam kulit. Sehingga mampu mengatasi masalah jerawat dari dalam dan luar.

Diluar sana harga serum itu sangat mahal, hal itu wajar karena dalam penggunaannya pun dibutuhkan hanya sedikit saja. Cukup ambil sebanyak 2 – 4 tetes untuk sekali pemakaian dan diaplikasikan ke wajah dan bagian leher.

BACA JUGA:  Perawatan Praktis Cara Pakai Skincare untuk Wajah Berjerawat

Perhatikan juga kandungan pada serum jerawat nya, hindari serum yang memiliki kandungan kimia yang berbahaya. Seperti hydroquinone, merkuri,

Satu serum jerawat terbaik untuk atasi masalah jerawat dan bekas jerawat yang bisa kamu gunakan yaitu OHAIAHO Acne Care Serum. Karena terdapat ekstrak bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Dan yang paling penting adalah sudah terdaftar BPOM, jadi 100% aman dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Lebih detailnya klik Serum Jerawat Terbaik.

4. Pakai Moisturizer Berdasarkan Tipe Kulit

Kemudian urutan skincare untuk kulit berjerawat berikutnya dengan menggunakan moisturizer atau pelembab. Kulit tipe acne prone yang lebih sensitif terhadap tekstur pelembab terlalu kental seperti cream bisa pilih moisturizer gel atau lotion. Tekstur gel dan lotion lebih cepat meresap ke kulit hingga lapisan terdalam.

5. Aplikasikan Acne Spot

Satu kebiasaan yang sering dilakukan pemilik kulit berjerawat adalah menyentuh jerawat. Padahal kebiasaan ini akan memperparah kondisi jerawat dan memicu munculnya jerawat baru dari kotoran yang menempel di tangan.

Gunakan acne spot cover untuk melindungi jerawat dan sebelumnya bisa oleskan lebih dulu acne spot gel yang mengandung salicylic acid atau tree tea oil. Acne spot gel dapat membantu mengempeskan jerawat lebih cepat.

6. Rutin Exfoliating Menggunakan Bahan Aktif

Biasanya jerawat pada kulit menimbulkan bekas kehitaman dan kemerahan. Bekas-bekas tersebut memang jadi masalah baru yang sering membuat turunnya rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan exfoliating rutin mingguan dengan bahan aktif.

Bahan aktif ini dinilai lebih efektif, sekaligus lebih mudah pada aplikasinya. Beberapa jenis bahan aktif yang terkandung di dalam produk skincare yaitu BHA, AHA, PHA, Lactic Acid, Glycolic Acid, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Merah dan Tips Mencegahnya

7. Masker Sebagai Asupan Tambahan untuk Kulit

Kulit juga butuh asupan nutrisi tambahan seperti tubuh kita. Pakai masker dengan bahan-bahan alami ataupun bahan khusus dengan fungsi tertentu akan menjadi nutrisi tambahan bagi kulit wajah. Penggunaan masker bisa rutin 2-3x setiap minggunya atau menyesuaikan kebutuhan.

Dalam perawatan bagi acne prone skin juga harus memperhatikan tingkat sensitif kulit dan menghindari bahan-bahan yang bisa memicu iritasi. Serta perhatikan tips memilih skincare untuk kulit berjerawat.

Urutan skincare untuk kulit berjerawat bisa dilengkapi dengan perawatan profesional di klinik kecantikan, khususnya pada kondisi jerawat yang tergolong parah dan butuh tindakan ahli. Begitupun bila jerawat kulit yang difaktori perubahan hormon. 

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like