Pakai Skincare Malah Kusam

7 Alasan Pakai Skincare Malah Kusam. Kamu Wajib Tahu!

0 Shares
0
0
0

Memiliki kulit wajah yang cerah, sehat, bersih dan juga terawat adalah hal yang diinginkan setiap orang terutama wanita. Namun, setelah melakukan perawatan pakai skincare malah kusam. Apa penyebabnya? Yuk, simak artikel ini hingga selesai ya.

7 Alasan Pakai Skincare Malah Kusam

Sangat disayangkan jika kamu sudah melakukan perawatan tapi justru wajah jadi terlihat kusam. Simak beberapa penyebabnya berikut ini.

1. Tidak Menggunakan Skincare Sesuai Urutan Dengan Benar

Apabila kamu memutuskan untuk menggunakan suatu produk skincare secara lengkap, pastikan dulu urutan pemakaiannya. Akibat dari penggunaan skincare yang tidak sesuai, bisa mengakibatkan wajah terlihat kusam karena skincare tidak bisa bekerja dengan maksimal. Khusus wajah yang berjerawat, simak urutan skincare untuk wajah berjerawat.

2. Salah Memilih Skincare

Apabila kamu ingin berganti skincare, jangan hanya tergiur dengan packing yang menarik dan juga lucu. Namun, pastikan juga jenis skincare tersebut cocok untuk jenis kulit kamu atau tidak. Pakai skincare malah kusam adalah salah satu dampak dari kesalahan dalam memilih jenis skincare. Perlu kamu ketahui juga kesalahan menggunakan skincare.

3. Malas Memakai Sunscreen

Memakai sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit wajah kamu dari paparan sinar matahari. Namun, jika kamu malas memakai sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan akan mengakibatkan kulit menjadi terbakar sehingga kulit akan terlihat kusam meski kamu memakai skincare.

4. Jarang Melakukan Eksfoliasi

Salah satu penyebab pakai skincare malah jadi kusam adalah jarang melakukan eksfoliasi yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Jadi, kamu harus rutin melakukan eksfoliasi sesuai anjuran. Namun, menggunakan scrub yang terlalu keras bisa mengakibatkan wajah menjadi berminyak serta iritasi.

5. Pola Makan yang Tidak Sehat

Kulit akan tampak lebih kusam jika kamu tidak memperhatikan pola makan. Karena nyatanya pola makan yang tidak sehat selain berdampak pada tubuh juga pada kulit wajah. Terlalu banyak makan yang mengandung rasa manis bisa membuat wajah berminyak dan berjerawat.

BACA JUGA:  Waktu Terbaik Pakai Skincare Jam Berapa? Ternyata Ada Aturanya!

6. Pola Tidur yang Tidak Teratur

Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan lembur dan kembali bekerja pada pagi hari adalah salah satu penyebab wajah terlihat kusam. Karena kurang tidur akan menghambat regenarasi sel dan menjadikan kulit terlihat kusam serta tidak bercahaya, karena proses pembentukan sel baru yang terhambat.

7. Stres Berkepanjangan

Sudah menggunakan skincare sesuai urutan dengan benar tapi wajah tetap terlihat kusam mungkin salah satu alasannya adalah stres berkepanjangan. Stress bisa mempengaruhi aliran darah serta menghambat perbaikan kulit.

Cara Mengatasi Wajah Kusam

Solusi mengatasi wajah kusam setelah memakai skincare adalah dengan cara segera menghentikan penggunaan produk dan berkonsultasi terlebih duahulu pada dokter. Tidak hanya itu kamu juga bisa melakukan hal-hal berikut ini :

  •  Hindari sinar matahari secara langsung
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah serta minum air putih
  • Mencuci wajah menggunakan air bersih atau sabun khusus wajah minimal 2 kali sehari
  • Menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit wajah dan terjamin keamanannya
  • Apabila terjadi iritasi atau alergi gunakan tipe hypoallergenic
  • Tidur yang cukup
  • Jauhi asap rokok
  • Menggunakan masker wajah yang alami seperti lemon, kunyit, madu, lidah buaya, atau yogurt.

Di atas adalah beberapa alasan pakai skincare malah kusam beserta cara mengatasinya. Namun, jika wajah terlihat kusam berkelanjutan segeralah hubungi dokter yang kamu percaya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like