Bolehkah Memakai Skincare Saat Berjerawat?

Bolehkah Memakai Skincare Saat Berjerawat?

0 Shares
0
0
0

Skincare merupakan kebutuhan utama untuk menunjang penampilan kamu. Namun dalam pengunaanya tidak sesederhana yang dibayangkan perlu banyak pertimbangan agar kamu bisa memilih skincare yang cocok dan bolehkah memakai skincare saat berjerawat?

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang umum diderita oleh manusia khusunya remaja. Maslah jerawat tidak hanya ditimbulkan oleh salah satu penyebab namun begitu banyak hal yang menyebabkan kulit kamu berjerawat.

Salah satu cara untuk mengatasi jerawat adalah dengan mengunakan skincare. Namun apakah jika kulit kamu sedang berjerawat apakah diperbolehkan pengunaan skincare? Bagaimana juga pengunaan skincare yang tepat jika kulit kamu sedang berjerawat, mari kita ulas.

Penyebab Jerawat Muncul

Penyebab Jerawat Muncul

Jerawat merupakan sebuah bentuk peradangan kulit, yang terjadi oleh produksi sebum yang berlebihan, adanya sumbatan pada folikel rambut, infeksi bakteri, dan aktivitas hormon androgen yang berlebihan.

Folikel yang tersumbat itu juga bisa membentuk jerawat baru atau komedo. Selain dari itu, faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami jerawat adalah adanya perubahan hormon, masa pubertas, factor keturunan, stres,

konsumsi obat-obatan tertentu, merokok, dan juga penggunaan kosmetik. Jerawat juga akan lebih mudah muncul pada orang dengan tipe kulit yang berminyak. Jadi sangat penting untuk mengindentifikasi tipe kulit dan memilih skincare yang cocok untuk kulit kamu.

Skincare bisa menyebabkan jerawat muncul, seperti adanya reaksi iritasi atau alergi terhadap produk perawatan wajah tersebut hingga terjadi ketidakcocokan. Akan tetapi, kecenderungan berganti-ganti skincare juga sebaiknya dihindari.

Kulit juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan menyerap manfaat dari skincare. Sebaiknya kamu melakukan eliminasi perlahan agar menentukan skincare mana yang tidak cocok, atau tidak menggunakan skincare sementara juga bisa dilakukan untuk melihat respon kulit. 

BACA JUGA:  Efek Samping Masker Tepung Beras Dipakai Pada Wajah

Pengunaan Skincare untuk Kulit Berjerawat

Pengunaan skincare tidak bisa kita lakukan secara sembarangan mengingat salah satu penyebab munculnya jerawat juga bisa terjadi akibat skicare. Lantas bolehkah memakai skincare saat berjerawat ? Kita akan ulas bagaimana sebaiknya pengunaan skincare ketika sedang berjerawat.

1. Bahan yang Harus Dihindari dari Skincare

Pembuatan skincare tidak mungkin tidak mengunakan bahan kimia jika kulit kamu dalam keadaan berjerawat, kamu perlu mempelajari bahan apa saja yang tidak boleh digunakan untuk kulit berjerawat.

Bahan kimia yang harus dihindari untuk kulit berjerawat diantaranya asam salisilat, butiran eksofoliasi, parfum, retinol, dan alkohol. Bahan-bahan tersebut bisa saja membuat jerawat makin memburuk. Bahkan Ketika wajah sedang tidak berjerawat pun bisa muncul akibat penggunaan yang tidak tepat. Jadi perlu diperhatikan dengan baik penggunaan skincare ketika kulit sedang berjerawat. Kamu bisa lihat penjelasan kesalahan menggunakan skincare.

2. Bahan yang Diperbolehkan dari Skincare

Selain beberapa bahan yang harus dihindari ada juga beberapa bahan yang dianjurkan dalam skincare ketika wajah kamu berjerawat. Beberapa bahan kimia tersebut dinilai ramah bagi kulit yang berjerawat, bahan bahan tersebut antara lain adalah.

Benzoyl peroksida, retinoid, antibiotik, atau asam azelaic. Selain bahan yang dianjurkan tersebut perawatan kulit lain yang tanpa mengunakan bahan kimia juga dianjurkan seperti chemical peels, terapi laser, ekstraksi komedo, derma roller, atau derma pen.

Inilah salah satu skincare yang bisa kamu gunakan yaitu serum jerawat lokal terbaik. Produk tersebut sangat aman untuk semua jenis kulit dan yang paling penting sudah terdaftar BPOM. Serta kamu juga bisa pelajari cara pakai skincare untuk wajah berjerawat.  

3. Perawatan Kulit Tanpa Skincare Kimia atau Obat

Pengunaan skincare kimia memang sangat membantu perawatan kulit namun ada juga beberapa cara perawatan kulit tanpa mengunakan bahan – bahan kimia. Perawatan ini sangat cocok jika kulit kamu berjerawat dan ragu untuk mengunakan skincare kimia.

BACA JUGA:  Perawatan Praktis Cara Pakai Skincare untuk Wajah Berjerawat

Cara perawatan kulit tanpa mengunakan skincare antara lain adalah melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit apabila Anda mendaptkan bantuan profesional mengenai perawatan kulit itu akan sangat membantu dan lebih terpercaya.

Cara lain perawatan kulit wajah berjerawat tanpa bahan kimia yaitu dengan minum air putih 2-3 liter per hari, tidur cukup 7-9 jam per hari, mengelola stres dengan baik, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi kaya akan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan membersihkan wajah setelah beraktivitas.

Itulah beberapa penjelasan tentang skincare dan jerawat yang akan menjawab pertanyaan kamu bolehkah memakai skincare saat berjerawat? Semoga penjelasan penggunan skincare untuk kulit wajah berjerawat ini bisa mebantu untuk menentukan perawatan terbaik kamu ya.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like